Angka indeks merupakan peralatan statistik yang sangat populer guna mengukur perubahan atau melakukan perbandingan antara variabel-variabel ekonomi dan sosial. perubahan atau perbandingan antar-variabel dari waktu ke waktu dan yang dinyatakan dengan angka-angka indeks umumnya lebih mudah dimengerti.

Bila harga beras ialah Rp 250,- per kilogram di tahun 1980 sedangkan di tahun berikutnya naik menjadi Rp 500,- per kilogram, maka harga beras di tahun 1981 menjadi (500/250)100 = 200% harga beras tahun 1980. Dengan lain perkataan, harga beras tahun 1981 mengalami kenaikan sebesar 100 persen dari harga tahun sebelumnya. Angka indeks yang sederhana sebetulnya disusun tidak ada ubahnya seperti cara pemikiran dalam contoh-contoh diatas. bila kita nyatakan harga beras di tahun 1980 dengan indeks (250/250) 100 =100, maka harga beras di tahun 1981 dapat dinyatakan dengan indeks (500/250) x 100 = 200.

Perbandingan harga beras dalam 2 periode (1980 dan 1981) di atas di namakan perbandingan yang bersifat pasangan (binary comparison). Perbandingan harga beras di atas dapat saja dilakukan secara berturut-turut sehingga meliputi beberapa periode (tahun). Perbandingan yang dilakukan secara berturut-turut sedemikan itu dinamakan perbandingan rangkai (comparison in-series). Dalam pratek, angka-angka indeks umumnya dibuat secara berturut-turut hingga meliputi beberapa periode. Perbandingan rangkai sedemikaian itu berguna untuk mengetahui pola perubahan dari tahun ke tahun.

Disamping pengukuran perubahan harga-harga dan jumlah produksi, angka indeks juga berguna bagi pengukuran perubahan biaya hidup (cost of living), sikli perdagangan (business cycle), nilai tukar petani, nilai ekspor dan impor, harga emas murni ,  susunan penduduk dan juga perbandingan kecerdasan.

Di Indonesia, angka indeks biaya hidup (I.B.H) dan indeks harga konsumen (I.H.K) memiliki arti penting bagi penyesuaian upah buruh dan gaji pegawai negeri. Indeks harga perdagangan besar di berbagai sektor ekonomi juga dapat digunakan pengusaha guna pembentukan harga pasar dan analisa pasar. Indeks harga yang diterima dan indeks harga yang dibayar petani serta nilai tukar petani berguna bagi penyelidikan kehidupan ekonomi kaum tani serta kebijaksanaan pemerintah dalam pemberian subsidi pada harga-harga produk agraris.

0 komentar