Mean (rataan) mungkin yang paling sering digunakan statistik deskriptif . Mean adalah ukuran yang sangat informatif tentang "tendensi sentral" dari variabel, jika dilaporkan bersama dengan selang kepercayaan. Biasanya kita tertarik pada statistik (seperti rata-rata) dari contoh kita saja, dimana dengan mean ini kita dapat menyimpulkan informasi tentang populasi.

Selang kepercayaan untuk mean memberi kita berbagai nilai-nilai di sekitar rata-rata di mana kita mengharapkan mean "benar" berada dalam sebuah populasi. Sebagai contoh, jika mean dalam sampel adalah 23, dan bagian bawah dan batas atas selang kepercayaan(p-value =. 0.5) adalah 19 dan 27 berturut-turut, maka kita dapat menyimpulkan bahwa kita yakin dengan tingkat 95% bahwa mean populasi lebih besar daripada 19 dan lebih rendah dari 27. Jika kita mengatur tingkat p-value yang lebih kecil, maka interval akan menjadi lebih luas sehingga dapat meningkatkan "kepastian" dari perkiraan, dan sebaliknya. Hal ini bisa kita lihat dari sebuah ramalan cuaca, dimana dilakukan prediksi yang semakin "samar" yaitu dengan membuat semakin lebar selang kepercayaan, dengan harapan akan semakin besar kemungkinan cuaca tersebut akan terwujud.

Perhatikan bahwa lebar selang kepercayaan tergantung pada ukuran sampel dan pada variasi nilai data. Semakin besar ukuran sampel, semakin handal mean (rataan), namun jika semakin besar variasi maka mean (rataan) menjadi kurang dapat diandalkan. Perhitungan selang kepercayaan didasarkan pada asumsi bahwa variabel menyebar normal di dalam populasi. Perkiraan atau estimasi tidak akan valid jika asumsi ini tidak dipenuhi, kecuali jika ukuran sampel besar, katakanlah n = 100 atau lebih.

0 komentar