Sebuah selang kepercayaan merupakan rentang perkiraan nilai-nilai yang kemungkinan akan mencakup parameter populasi yang tidak diketahui. Parameter populasi ini yang selalu ingin  diketahui oleh kita. Perkiraan rentang ini dihitung dari himpunan data sampel.

Jika sampel independen diambil berulang kali dari sebuah populasi yang sama, dan selang kepercayaan dihitung untuk setiap sampel, kemudian persentase tertentu (tingkat kepercayaan) dari interval akan mencakup parameter populasi yang tidak diketahui. Interval keyakinan biasanya dihitung sehingga persentase ini adalah 95%, tetapi kita dapat menghasilkan 90%, 99%, 99.9% (atau apa pun) interval kepercayaan parameter yang tidak diketahui.


Lebar selang kepercayaan memberikan kita beberapa ide tentang betapa tidak pastinya sebuah parameter yang tidak diketahui. Selang Kepercayaan yang sangat lebar dapat menunjukkan bahwa lebih banyak data harus dikumpulkan sebelum sesuatu yang sangat pasti dapat dikatakan sebagai parameter.


Selang Kepercayaan lebih informatif daripada hipotesis sederhana hasil tes (di mana kita akan memutuskan "menolak H0" atau "tidak menolak H0") karena selang kepercayaan telah menyediakan serangkaian nilai-nilai yang masuk akal untuk parameter yang tidak diketahui.


0 komentar