Misteri Angka 5

Oleh Arie Wibowo | 16.13 | | 1 komentar »



Ketepatan hasil suatu analisis data sangat dipengaruhi oleh keakuratan data yang akan digunakan dalam analisis. Sebaik dan secanggih apapun metode statistik data yang digunakan tetap saja akan menghasilkan kesimpulan yang salah apabila data yang digunakan tidak akurat dan benar.

Oleh karena itu..pengunjung yang baik…

Salah satu menjaga keakuran data statistik ialah kemampuan kita dalam melakukan pembulatan data. Hal ini sepele namun jika salah melakukannya akan mengakibatkan apa yang saya telah uraikan diatas.

Pembulatan angka desimal statistik umumnya dilakukan kaidah matematis yang lazim digunakan. Bila kita melakukan pembulatan angka 60,132 hingga dua desimal, maka kita akan memperoleh angka 60,13. Bila angka 71,218 dibulatkan hingga dua desimal, maka kita memperoleh angka 71,22.

Namun perlu perhatian khusus terhadap masalah yang timbul karena pembulatan angka 5. Bila angka 10,25 dibulatkan menjadi satu desimal, maka hasil pembulatannnya menjadi 10,2. Sebaliknya, bila angka 10,15 dibulatkan menjadi satu desimal, maka hasilnya menjadi 10,2.

So..misteri angka 5 ini dapat terungkap dengan kesimpulan bahwa pembulatan yang menyangkut dengan penghilangan angka 5 dilakukan dengan dua cara yaitu bila angka yang terdapat didepan angka 5 adalah angka genap, maka angka 5 harus dihilangkan tanpa mengubah angka yang ada didepan angka 5. Namun bila angka yang terdapat didepan angka 5 adalah angka ganjil, maka dilakukan pembulatan ke atas seperti biasa. Tapi….pembulatan ini hanya dilakukan sekali saja dan tidak dapat dilakukan berkali-kali pada angka yang sama. ..

1 komentar

  1. baha // 26 Maret 2012 15.04  

    kalau angka nol bagaimana.,,???